KISI-KISI ANGKET KREATIVITAS
BELAJAR MATEMATIKA
No.Urut
|
Aspek
yang diukur
|
Indikator-indikator
kreativitas belajar matematika
|
Nomor
item
|
1
|
Fleksibilitas
|
· Menghasilkan gagasan, jawaban atau pertanyaan yang bervariasi
· Dapat melihat suatu masalah dari sudut pandang yang berbeda-beda
· Mencari banyak alternatif atau arah yang berbeda-beda
|
1 ; 2
3 ; 4
5 ; 6 ;7 ; 8
|
2
|
Originalitas
|
· Mampu melahirkan ungkapan yang baru dan unik
· Memikirkan cara yang tidak lazim untuk mengungkapkan diri
· Mempunyai kemauan keras untuk menyelesaikan soal-soal matematika
|
9
10 ; 11 ;
12 ; 13
|
3
|
Elaborasi
|
· Menanggapai pertanyaan-pertanyaan secara bergairah, aktiv dan
bersemangat dalam menyelesaikan tugas-tugas
· Berani menerima atau melaksanakan tugas berat
· Senang mencari cara atau metode yang praktis dalam belajar
· Kritis dalam memeriksa hasil pekerjaan
· Agresip bertanya
|
14
15 ; 16 ; 17 ; 18
19 ; 20
21 ; 22 ; 23 ; 24
25
26 ; 27 ; 28
|
4
|
Fluency
|
· Mencetuskan banyak gagasan, jawaban, penyelesaian masalah atau
pertanyaan
· Mandiri dalam belajar matematika
|
29
30
|
ANGKET KREATIVITAS BELAJAR
MATEMATIKA
Petunjuk :
- Skala atau angket ini berisikan pertanyaan tentang apa yang anda rasakan atau lakukan dalam proses belajar matematika
- Tiap item atau pertanyaan tersedia lima pilihan yaitu:
SS :
Sangat Sering
S :
Sering
KK :
Kadang-Kadang
J : Jarang
TP : Tidak
Pernah
- Pilihlah salah satu dari lima pilihan tesebut yang sesuai dengan pengalaman anda dalam belajar matematika untuk masing-masing item
- Kejujuran anda dalam menjawab angket ini mempunyai arti yang tak terhingga nilainya
- Berilah tanda “ √ ” untuk setiap jawaban yang anda kemukakan.
No.
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
KK
|
J
|
TP
|
1
|
Jika guru
matematika memberi soal, saya tidak dapat menduga dengan cepat kemungkinan
jawabannya.
|
|
|
|
|
|
2
|
Bila saya
diberi soal matematika dari pokok bahasan yang sudah saya pelajari maka saya
dapat langsung membayangkan langkah-langkah penyelesaiannya
|
|
|
|
|
|
3
|
Bila guru
matematika memberikan gambar, cerita atau masalah, maka saya dapat memberikan
penafsiran yang beragam terhadap soal gambar, cerita atau masalah tersebut.
|
|
|
|
|
|
4
|
Dalam membahas
atau mendiskusikan suatu masalah, saya selalu mempunyai tanggapan yang
berbeda dengan apa yang diungkapkan oleh teman saya
|
|
|
|
|
|
5
|
Jika diberi
suatu masalah, saya tidak dapat memikirkan macam-macam cara yang berbeda
untuk memecahkan masalah tersebut
|
|
|
|
|
|
6
|
Saya berusaha
menyelesaikan sendiri tugas-tugas seperti PR matematika
|
|
|
|
|
|
7
|
Jika ada PR
matematika, saya langsung mencari buku-buku kumpulan penyelesaian soal-soal
matematika, tanpa lebih dahulu berusaha mengerjakannya.
|
|
|
|
|
|
8
|
Jika ada PR
matematika dan saya sudah mencoba menyelesaikannya tetapi tidak memperoleh
jawaban, maka saya menyalin hasil pekerjaan teman tanpa menanyakan bagaimana
cara memperolehnya
|
|
|
|
|
|
9
|
Pada saat mengerjakan
soal, saya mampu memikirkan jawaban yang tidak pernah terpikirkan oleh orang
lain
|
|
|
|
|
|
10
|
Saya memiliki
cara berfikir yang lain dari pada yang lain
|
|
|
|
|
|
11
|
Saya tidak
berusaha menemukan penyelesaian yang baru setelah membaca atau mendengar
gagasan-gagasan
|
|
|
|
|
|
12
|
Saya tidak
merasa bosan mengerjakan soal latihan matematika, walaupun soal itu mirip
dengan soal yang pernah saya kerjakan
|
|
|
|
|
|
13
|
Jika ada soal
matematika yang sulit saya selesaikan, saya tidak mau menyerah begitu saja,
melainkan saya kembali mempelajari materi pelajaran yang sehubungan dengan
soal tersebut
|
|
|
|
|
|
14
|
Saya tidak
senang jika belum menanggapi pertanyaan guru maupun pertanyaan teman
|
|
|
|
|
|
15
|
Saya tidak mau
mengerjakan soal-soal latihan matematika, jika jawabannya tidak diperiksa guru
|
|
|
|
|
|
16
|
Saya berusaha
untuk dapat mengerjakan semua tugas-tugas dengan sebaik-baiknya, walaupun
tugas itu merupakan tugas kelompok
|
|
|
|
|
|
17
|
Saya lebih
banyak mengerjakan soal bila ada tugas kelompok dibanding dengan anggota lain
|
|
|
|
|
|
18
|
Jika ada tugas
kelompok, saya memilih soal-soal yang mudah
|
|
|
|
|
|
19
|
Saya tidak
menunda-nunda waktu untuk menyelesaikan PR matematika
|
|
|
|
|
|
20
|
Saya tidak
senang bila guru memberi soal dan langsung membahasnya, tanpa memberi
kesempatan siswa untuk mengerjakan sendiri
|
|
|
|
|
|
21
|
Saya senang
memikirkan dan mencoba cara-cara baru yang saya anggap praktis untuk
mempelajari matematika
|
|
|
|
|
|
22
|
Untuk
menghafal rumus-rumus matematika, saya tidak pernah membuat model atau pola tertentu
yang mudah saya ingat
|
|
|
|
|
|
23
|
Walaupun saya
sudah menjawab dengan benar soal-soal latihan matematika, tetapi
penyelesaiannya panjang, maka saya mencari cara menyelesaikan yang lebih
praktis
|
|
|
|
|
|
24
|
Saya senang
mengubah bentuk-bentuk rumus matematika, tapi nilainya tidak berubah
|
|
|
|
|
|
25
|
Saya memeriksa
hasil pekerjaan dengan kritis
|
|
|
|
|
|
26
|
Jika saya
tidak puas dengan keterangan pada waktu mengikuti pelajaran matematika, maka
saya berusaha mencari keterangan pada pertemuan berikutnya
|
|
|
|
|
|
27
|
Jika ada
penjelasan dari guru matematika yang kurang jelas, saya langsung
menanyakannya
|
|
|
|
|
|
28
|
Saya sering
mengajukan pertanyaan kepada guru walaupun siswa lain menganggapnya lucu atau
tidak perlu
|
|
|
|
|
|
29
|
Jika diberikan
suatu masalah matematika, maka saya tidak mempunyai gagasan mengenai masalah
tersebut
|
|
|
|
|
|
30
|
Saya mampu belajar
matematika meskipun tidak dibimbing oleh guru
|
|
|
|
|
|
maaf, punya referensi tentang kreativitas belajar math nggk? saya lagi butuh teori tentg itu. kalau ada, bs nggk dishare?
BalasHapusterima kasih sharenya...
BalasHapusboleh tahu angket di atas siapa yang punya? apakan penulis sendiri atau bagaimana?
BalasHapusBoleh minta sumber referensi angket di atas? Angketnya bagus tapi saya butuh referensinya.
BalasHapusTerimakasih
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
BalasHapusangket kreativitas diatas sumber referensinya dari siapa ya? soalnya saya lagi butuh bgt angket yg sprti ini buat penelitian . terimakasih
wassalam
maaf kak, apakah sudah di balas sama yang punya blog ini (Ria Salman) ? karena saya juga membutuhkan sumber Referensinya
Hapusmohon maaf kak Ria, di bloger kak Ria kok tidak ada profil, biografi Kak Ria
BalasHapusMGM Grand Casino and Hotel - JT Hub
BalasHapusCasino & Hotel 영천 출장안마 in Las Vegas, 성남 출장샵 NV 포천 출장샵 at 출장안마 1 MGM Grand Boulevard South Las Vegas, 안양 출장안마 NV 89109. Get Directions · (702) 770-7080. Call Now · More Info. Hours, Accepts Credit Cards, Wi-Fi.